Cari Blog Ini

Laman

Jumat, 18 Februari 2011

Cara Meningkatkan Kecepatan Internet

Cara Meningkatkan Kecepatan Internet


Mungkinkah internet dapat digeber kecepatannya? Mungkinkah kecepatan tersebut dapat ditingkatkan hingga dua kali lipat? Jika dua pertanyaan tersebut selalu menghantui kepala Anda, jangan khawatir. Sebentar lagi Anda akan mengetahui bagaimana cara mengusirnya. Berikut sedikit tip bagaimana cara meningkatkan kecepatan internet.

Kecepatan atau speed. Apa yang dimaksud dengan kecepatan atau speed itu? Sebelum kita melangkah jauh bagaimana memaksimalkan kecepatan internet, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu tentang makna dari kecepatan atau speed internet itu.

Speed atau kecepatan adalah besarnya data yang masuk dan keluar ketika koneksi internet berlangsung. Data? Apa maksudnya? Ketika kita menjelajah internet, terdapat data yang mengalir yang digunakan untuk memuat konten-konten web.

Misalkan kita membuka situs Kompas.com. Nah dalam situs tersebut terdapat berbagai konten, ada gambar, teks, video, dan suara. Kesemua konten tersebut memiliki ‘berat badan’. Kesemua konten tersebut memiliki ‘bobot’.

Dan untuk memuat kesemua konten-konten tersebut dibutuhkan koneksi. Semakin cepat koneksi, maka konten akan semakin cepat ditampilkan. Dan semakin cepat speed koneksi internet kita, maka waktu tunggu atau proses loading akan semakin singkat.

Tak jarang bila koneksi yang melambat atau speed internet yang digunakan tidak mumpuni kita menjadi stres sendiri. Membuka laman web satu tab saja lamanya minta ampun. Ini terjadi bisa diakibatkan beberapa faktor. Bisa karena cuaca, bandwith yang padat, dan bukan salah dari ISP (Internet Service Provider) semata.

Lantas sekarang, bagaimana cara meningkatkan kecepatan internet? Kecepatan di sini artinya beragam. Kecepatan dalam berselancar di internet atau kecepatan ketika mengunduh konten di internet? Apapun itu pilihannya, cara mensiasatinya juga berbeda.

Kecepatan Berselancar

Untuk meningkatkan kecepatan dalam menjelajah situs-situs web di internet, kita bisa memanfaatkan cara yang dikenal dengan nama Tweking. Twek yang pertama adalah dengan Un-reserving bandwidth, yakni dengan menyimpan 20 % dari bandwith yang ada untuk pengguna Windows XP.

Sedangkang Twek yang kedua adalah dengan Optimizing TCP/ IP settings, yakni dengan menggunakan software gratis yang bernama G TCP Optimizer. Apa kegunaan software ini? Dengan G TCP Optimizer kita bisa mengoptimalkan data paket ketika terhubung dengan internet.

Kecepatan Unduh

Lantas bagaimana untuk mengatasi kecepatan unduh? Ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Dan dalam urusan ini, bahkan ada software yang mengeklaim dapat meningkatkan speed download hingga 300 kali lipat. Luar biasa, bukan?

Biasanya penggemar download di internet menggunakan software downloader sebagai senjata andalan dalam proses download. Dan dengan software download ini selain dapat mengoptimalkan proses unduhan, juga dapat mengatur proses unduhan. Apa maksudnya?

Proses unduhan dapat diatur sedemikian rupa. Sehingga kita tidak perlu was-was bilamana uduhan berhenti di tengah jalan. Karena dengan software downloader proses unduhan dapat dikontrol. Contoh software downloader seperti IDM, Orbit, Download Accelerator, dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar